HAKEKAT MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
1. Manusia
8. Kaitan Manusia dan Kebudayaan
Sebagai seorang manusia, kita sudah sepantasnya
memahami apa itu arti manusia yang sesungguhnya. Akan tetapi, kenyataannya
masih banyak sekali orang yang tidak memahami makna dan arti kata manusia.
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang dibekali dengan akal dan pikiran.
Manusia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki derajat paling
tinggi di antara citaannya yang lain. Hal yang paling penting dalam membedakan
manusia dengan makhluk lainnya adalah bahwa manusia dilengkapi dengan akal,
pikiran, perasaan, dan keyakinan untuk mempertinggi kualitas hidupnya di dunia.
Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin),
yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu
menguasai makhluk lain). ada pula pengertian manusia berdasarkan para ahli,
salah satunya adalah Paila J. C. & Janet W. K.. Menurut Paula J. C. &
Janet W. K. Manusia merupakan makhluk yang terbuka, bebas memilih makna di
dalam setiap situasi, mengemban tanggung jawab atas setiap keputusan, yang
hidup secara berkelanjutan, serta turut menyusun pola hubungan antar sesama dan
unggul multidimensional dengan berbagai kemungkinan.
2. Hakikat Manusia
Manusia adalah makhluk bertanya, ia mempunyai hasrat untuk
mengetahui segala sesuatu. Atas dorongan hasrat ingin tahunya, manusia tidak
hanya bertanya tentang berbagai hal yang ada di luar dirinya, tetapi juga
bertanya tentang dirinya sendiri. Dalam rentang ruang dan waktu, manusia telah dan
selalu berupaya mengetahui dirinya sendiri. Hakikat manusia dipelajari melalui
berbagai pendekatan (common sense, ilmiah, filosofis, religi) dan melalui
berbagai sudut pandang (biologi, sosiologi, antropobiologi, psikologi,
politik). Dalam kehidupannya yang riil manusia menunjukkan keragaman dalam
berbagai hal, baik tampilan fisiknya, strata sosialnya, kebiasaannya, bahkan
sebagaimana dikemukakan di atas, pengetahuan tentang manusia pun bersifat ragam
sesuai pendekatan dan sudut pandang dalam melakukan studinya. Alasannya
bukankah karena mereka semua adalah manusia maka harus diakui kesamaannya
sebagai manusia? (M.I. Soelaiman, 1988). Berbagai kesamaan yang menjadi
karakteristik esensial setiap manusia ini disebut pula sebagai hakikat manusia,
sebab dengan karakteristik esensialnya itulah manusia mempunyai martabat khusus
sebagai manusia yang berbeda dari yang lainnya. Contoh: manusia adalah animal
rasional, animal symbolicum, homo feber, homo sapiens, homo sicius, dan
sebagainya. Mencari pengertian hakikat manusia merupakan tugas metafisika,
lebih spesifik lagi adalah tugas antropologi (filsafat antropologi). Filsafat
antropologi berupaya mengungkapkan konsep atau gagasan-gagasan yang sifatnya
mendasar tentang manusia, berupaya menemukan karakteristik yang sifatnya
mendasar tentang manusia, berupaya menemukan karakteristik yang secara
prinsipil (bukan gradual) membedakan manusia dari makhluk lainnya.
Antara lain berkenaan
dengan:
- asal-usul keberadaan manusia, yang mempertanyakan apakah ber-ada-nya manusia di dunia ini hanya kebetulan saja sebagai hasil evolusi atau hasil ciptaan Tuhan?;
- struktur metafisika manusia, apakah yang esensial dari manusia itu badannya atau jiwanya atau badan dan jiwa;
- berbagai karakteristik dan makna eksistensi manusia di dunia, antara lain berkenaan dengan individualitas, sosialitas.
Berdasarkan uraian di
atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian hakikat manusia adalah seperangkat
gagasan atau konsep yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia
di dunia. Pengertian hakikat manusia berkenaan dengan “prinsip adanya”
(principe de’etre) manusia. Dengan kata lain, pengertian hakikat manusia adalah
seperangkat gagasan tentang “sesuatu yang olehnya” manusia memiliki
karakteristik khas yang memiliki sesuatu martabat khusus” (Louis Leahy, 1985).
Aspek-aspek hakikat manusia, antara lain berkenaan dengan asal-usulnya (contoh:
manusia sebagai makhluk Tuhan), struktur metafisikanya (contoh: manusia sebagai
kesatuan badan-ruh), serta karakteristik dan makna eksistensi manusia di dunia
(contoh: manusia sebagai makhluk individual, sebagai makhluk sosial, sebagai
makhluk berbudaya, sebagai makhluk susila, dan sebagai makhluk beragama).
3. Kebudayaan Bangsa Timur
Kebudayaan tidak bisa diartikan secara sederhana sehingga terdapat berbagai definisi mengenai kebudayaan yang berasal dari gagasan para sarjana luar negeri. Definisi kebudayaan yang dikumpulkan oleh A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn berjumlah sekitar 160 buah yang ditulis dalam buku Culture: A Critical Review of Concept and Definitions. Koentjaraningrat, seorang tokoh antropologi di Indonesia mendefinisikan kebudayaan sebagai ”keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.”
Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C.Kluckhon dalam karyanya "Variations in Value Orientation(1961)" sistem nilai budaya didunia secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia, yaitu :
7. Perubahan Kebudayaan
3. Kebudayaan Bangsa Timur
Kebudayaan Timur
adalah lawan dari kebudayaan Barat. Orang Timur mempunyai manner yang khas yang
membedakannya dengan bangsa lain. Bangsa Timur sangat terkenal dengan
hospitality atau keramahtamahannya terhadap orang lain bahkan orang asing
sekalipun. Bangsa Timur sangat menjunjung tinggi nilai-nilai atau norma-norma
yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka. Contohnya, saja nilai kesopanan.
Hal yang paling dominan dari kebudayaan Timur adalah adat istiadat yang masih
dipegang teguh. Walaupun adat istiadat saat ini mulai pudar dan berubah. Selain
itu, hal yang dominan adalah konsep gotong royong, kebersamaan menjadi hal yang
paling utama.
Soelaeman (1987:
53-54) menjelaskan bahwa nilai budaya Timur banyak bersumber pada agama-agama yang lahir di
dunia Timur. Manusia-manusia Timur menghayati hidup dan seluruh eksistensinya.
Orang Timur tidak berpikir untuk menguasai dunia dan hidup secara teknis karena
mereka lebih menyukai intuisi daripada akal budi. Kepribadian manusia Timur
tidak terletak pada kemampuan inteleknya, melainkan pada hatinya. Nilai budaya
Timur dipengaruhi oleh ajaran Hindu dan Budha membuat kebijaksanaan Timur
besifat kontemplatif yaitu tertuju kepada tinjauan kebenaran. Dengan demikian,
berpikir kontemplatif merupakan puncak
perkembangan manusia. Pemikir Timur lebih menekankan segi dalam dari jiwa dan
realitas dunia empiris dianggap sebagai sesuatu yang hanya lewat. Kebudayaan
Timur lebih menekankan disiplin mengendalikan diri, sederhana, tidak
mementingkan dunia, bahkan menjauhkan
diri dari dunia. Orang Timur mencari keharmonisan dengan alam. Mereka ingin
mendapatkan keselamatan dan kebebasan diri dari penderitaan dunia. Ide
keselamatan ini membentuk mentalitas, teori, dan praktek bangsa Timur. Jalan
untuk mencapai ini semua tidak terletak pada akal budinya, melainkan melalui
meditasi, tirakat, dan mistik (Soelaeman, 1987: 54). Kebudayaan Timur tidak
hanya bersumber pada ajaran agama tetapi ide abstrak atau pun simbolik pun
dapat terwujud kongkret dalam praktek kehidupannya. Sikap orang Timur terhadap
alam adalah menyatu secara harmonis, tidak memaksakan diri atau mengeksploitasi
alam karena alam merupakan bagian tidak terpisahkan dari manusia. Jika alam
binasa, manusia pun akan binasa. Nilai kebudayaan dalam kehidupan Timur yang tertinggi
datang dari dalam manusia itu sendiri, seperti nrimo kenyataan, mencari
ketenangan, belajar dari pengalaman, dan menyatukan diri. Terkadang nilai
spiritual dalam itu membuat sikap memuliakan kesendirian dan kemiskinan, menghindar
membangun dunia, hidup sederhana dan dekat dengan kehidupan alami. Singkatnya,
Timur menginginkan kekayaan hidup, bukan kekayaan benda, tenang tenteram,
menyatu diri, fatalisme, pasivitas, dan menarik diri (Soelaeman, 1987: 54-55).
4. Pengertian dan Unsur-unsur Kebudayaan
Kata Kebudayaan
berasal dari bahasa sangsakerta yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak
dari kata “buddhi” yang berarti akal atau budi. Kebudayaan diartikan sebagai
sesuatu yang bersangkutan dengan budi atau akal.
menurut E B Tylor,
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, moral,
hukum, kesenian, adat-istiadat serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh
manusia sebagai anggota dari masyarakat. Kebudayaan tersebut mencakup semua
yang didapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
C. Kluckhohn dalam
karyanya yang berjudul Universal Categories of Culture, menyebutkan ada 7 unsur
unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universals, yaitu :
- Unsur kebudayaan yaitu Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata, alat-alat produksi dan sebagainya).
- Unsur kebudayaan yaitu Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dan sebagainya).
- Unsur Kebudayaan yaitu sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, sistem hukum, organisasi politik, sistem perkawinan).
- Unsur kebudayaan yaitu bahasa (lisan maupun tertulis).
- Unsur kebudayaan yaitu kesenian (seni rupa, seni suara, seni gerak dan lain sebagainya).
- Unsur kebudayaan yaitu sistem pengetahuan.
- Unsur kebudayaan yang terakhir yaitu Religi (sistem kepercayaan).
Kebudayaan tidak bisa diartikan secara sederhana sehingga terdapat berbagai definisi mengenai kebudayaan yang berasal dari gagasan para sarjana luar negeri. Definisi kebudayaan yang dikumpulkan oleh A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn berjumlah sekitar 160 buah yang ditulis dalam buku Culture: A Critical Review of Concept and Definitions. Koentjaraningrat, seorang tokoh antropologi di Indonesia mendefinisikan kebudayaan sebagai ”keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.”
Koentjaraningrat membagi kebudayaan dalam tiga wujud, yakni ideas (sistem ide), activities (sistem aktivitas), dan artifacts (sistem artefak).
- Wujud Kebudayaan sebagai Sistem Ide Wujud kebudayaan sebagai sistem ide bersifat sangat abstrak, tidak bisa diraba atau difoto dan terdapat dalam alam pikiran individu penganut kebudayaan tersebut. Wujud kebudayaan sebagai sistem ide hanya bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari yang mewujud dalam bentuk norma, adat istiadat, agama, dan hukum atau undangundang.
- Wujud Kebudayaan sebagai Sistem Aktivitas Wujud kebudayaan sebagai sistem aktivitas merupakan sebuah aktivitas atau kegiatan sosial yang berpola dari individu dalam suatu masyarakat. Sistem ini terdiri atas aktivitas manusia yang saling berinteraksi dan berhubungan secara kontinu dengan sesamanya. Wujud kebudayaan ini bersifat konkret, bisa difoto, dan bisa dilihat.
- Wujud Kebudayaan sebagai Sistem Artefak Wujud kebudayaan sebagai sistem artefak adalah wujud kebudayaan yang paling konkret, bisa dilihat, dan diraba secara langsung oleh pancaindra. Wujud kebudayaan ini adalah berupa kebudayaan fisik yang merupakan hasil-hasil kebudayaan manusia berupa tataran sistem ide atau pemikiran ataupun aktivitas manusia yang berpola.
Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C.Kluckhon dalam karyanya "Variations in Value Orientation(1961)" sistem nilai budaya didunia secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia, yaitu :
- Hakekat hidup manusia
- Hakekat karya manusia
- Hakekat waktu manusia
- Hakekat alam manusia
- Hakekat hubungan manusia
7. Perubahan Kebudayaan
Masyarakat dan
kebudayaan dimanapun selalu dalam keadaan berubah, sekalipun masyarakat dan
kebudayaan primitif yang terisolasi dari berbagai hubungan dengan masyarakat.
Tidak ada kebudayaan yang statis, semua mempunyai dinamika dan gerak. Yang
dimaksud dengan gerak kebudayaan adalah gerak manusia yang hidup dalam
masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan tadi. Penyebab terjadinya gerak
tersebut antara lain :
- Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi sendiri.
- Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung untuk berubah lebih cepat.
Perubahan ini selain
karena jumlah penduduk dan komposisinya, juga karena adanya difusi kebudayaan,
penemuan-penemuan baru, khususnya teknologi dan inovasi. Pada dasarnya
perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang
dimiliki bersama oleh para warga masyarakat atau sejumlah warga masyarakat yang
bersangkutan, antara lain aturan-aturan, norma-norma yang digunakan
sebagai pegangan dalam kehidupan, juga
teknologi, selera, rasa keindahan (kesenian), dan bahasa.
8. Kaitan Manusia dan Kebudayaan
Manusia dan
kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan
ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan
mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari
kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh
Yang Maha Kuasa.
Kebudayaan berasal
dari kata budaya yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal
manusia. Definisi Kebudyaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi
tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam
pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat
abstrak. Namun kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan panca indera kita.
Lagu, tari, dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita
rasakan.
Secara sederhana
hubungan antara manusia dengan kebudayaan ketika manusia sebagai perilaku
kebudayaan,dan kebudayaan tersebut merupakan objek yang dilaksanakan
sehari-hari oleh manusia.
Di dunia sosiologi
manusia dengan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya walaupun
keduanya berbeda tetapi merupakan satu kesatuan yang butuh,ketika manusia
menciptakan kebudayaan,dan kebudayaan itu tercipta oleh manusia.
Daftar Pustaka
Dr. Sumantri, Muhammad S. M.Pd.. 2015. Hakikat Manusia
Dan Pendidikan. Yogyakarta.
Soelaeman, M. M.
(1987). Ilmu budaya dasar suatu pengantar.Bandung: PT. Refika Aditama.
Soerjono Soekanto,
2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
L, Siany., Atiek Catur B. (2009). Khazanah Antropologi
1: Untuk Kelas XI SMA dan MA, Jakarta: Depdikn
Schoorl, JW.
1997.Kebudayaan dan Perubahannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Komentar
Posting Komentar